Bela Diri dengan Tangan Kosong

Karate, mendengar namanya pasti anda semua sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut. Ya, karate adalah olahraga seni bela diri yang berasal dari negeri matahari terbit, Jepang. Karate memiliki arti yaitu kara berarti kosong dan te artinya tangan. Seni olahraga ini mengutamakan bela diri dengan menggunakan tangan kosong.

Seni olahraga karate teknik dan gerakannya menggabungkan antara kecepatan dan kekuatan pukulan. Namun tidak hanya mengutamakan kecepatan dan kekuatan pukulan, tendangan dan serangan dengan lutut juga di jadikan andalan. Serangan-serangan tersebut ditujukan untuk melemahkan titik-titik tertentu pada tubuh lawan.

Pertandingan karate sendiri terbagai ke dalam 2 jenis, yaitu:

  1. kumite: biasanya jenis pertandingan ini dikhususkan untuk pertandingan perkelahian 2 orang.
  2. Kata: biasanya jenis pertandingan ini dikhususkan untuk pertandingan memperagakan keindahan jurus dan gerak, baik putra atau putri.

Gerakan karate yang kita ketahui selama ini menurut penelitian adalah sebuah perpaduan antara teknik berkelahi tradisional orang-orang yang berada di kepulauan RyuKyu, Jepang dengan seni bela diri tangan kosong dari negeri Cina. Dengan berkembangnya waktu kemudian diadaptasi dan mulai dikembangkan ke dalam budaya modern Jepang. Karate sendiri masuk ke Indonesia dibawa atau dikenalkan oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang kembali ke Indonesia setelah menempuh pendidikan di Jepang.

Pada tahun 1963 beberapa mahasiswa Indonesia mulai mendirikan Dojo di Jakarta. Mereka memperkenalkan gerakan-gerakan karate di Indonesia. Selanjutnya para mahasiswa tersebut membentuk wadah yang diberikan nama PORKI. Ternyata karate banyak diminati warga Indonesia ini dilihat dari banyaknya perguruan karate yang mulai bermunculan. Begitu banyaknya perguruan karate sempat memunculkan perpecahan pada tubuh PORKI. Tetapi dengan adanya kesepakatan tokoh-tokoh tersebut bersatu kembali dan membentuk sebuah organisasi karate yang dinamakan FORKI (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia).

Berikut adalah beberapa teknik dalam karate:

  1. Katachi (Bentuk )
  2. Kokyo (Pernafasan )
  3. Kime (Pemusatan/Pemfokusan)
  4. Kiai (Peledakan Energi / Puncak Semangat)
  5. Power and Speed (Kekuatan dan Kecepatan )
  6. Concentration and Relaxation of Power (Konsentrasi & Rileksasi Tenaga )
  7. Strengthening of Muscular Power (Memperkuat Kekuatan Otot)^{@sigitario99}{Foto}

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s